Pages

Senin, 21 November 2011

SEA Games XXVI Terbanglah 'Garuda Muda'!

Indonesia bisa dipastikan akan menjadi juara umum di SEA Games XXVI. Hal ini bisa dilihat dari perolehan medali yang didapat Indonesia sampai Senin (21/11) pagi ini, sangat jauh meninggalkan Thailand yang ada di posisi kedua, maupun Vietnam di posisi ketiga. Meski begitu, masih ada medali yang sangat diharapkan bangsa Indonesia, yakni emas cabang sepak bola. Malam ini akan menjadi penentu apakah Indonesia bisa mengalahkan Malaysia di final sepakbola SEA Games XXVI atau malah Indonesia (kembali) tersungkur untuk kedua kalinya oleh Malaysia?

Di atas kertas, Indonesia sudah menjadi juara umum SEA Games XXVI. Perolehan medali Indonesia sudah jauh meninggalkan para kompetitornya, terutama Thailand yang saat ini berada di posisi kedua, hanya keajaiban yang bisa menggagalkan Indonesia untuk menjadi juara umum SEA Games yang saat ini masih berlangsung, baik di Jakarta maupun Palembang.

Dengan keberhasilan ini, Indonesia berhasil menjaga tradisi juara ketika menjadi tuan rumah SEA Games (1979, 1987, dan 1997). Dan di tahun 2011 ini (juga sebagai tuan rumah), Indonesia berhasil menggenggam juara umum. 14 tahun sudah Indonesia menunggu gelar sebagai juara umum, dan semuanya terbayar tuntas dengan gelar juara umum.

Keberhasilan menjadi juara umum juga jangan membuat negara ini terlena. Kesuksesan ini harus terus dipertahankan dengan meningkatkan kemampuan para atlet untuk bisa berkiprah lebih jauh lagi. Yang paling penting, pembinaan dan regenerasi atlet harus terus digalakan, sehingga di masa mendatang, Indonesia bukan hanya bisa berbicara di Asia Tenggara, tapi Asian Games, bahkan Olimpiade.

Namun, ada medali emas yang sangat diharapkan bangsa ini bisa diperoleh, yaitu emas sepakbola. Terakhir kali sepakbola meraih emas pada saat SEA Games tahun 1991. Malam nanti, negara ini menantikan emas dari cabang sepakbola. Pertandingan final yang mempertemukan Indonesia dengan Malaysia bisa dipastikan akan berlangsung sengit.

Sebagai juara bertahan SEA Games XXV, Malaysia akan berusaha mempertahankannya, sementara Indonesia yang telah lama tidak menggenggam emas sepakbola SEA Games, dipastikan akan ngotot untuk merebut medali emas. Sejumlah kalangan dari masyarakat menyebutkan, predikat juara umum rasanya tidak lengkap tanpa menjuarai sepakbola.

Anda boleh setuju, boleh tidak. Akan tetapi, malam nanti pembuktian apakah 'Garuda Muda' Indonesia bisa melengkap juara umum ini dengan menjuarai cabang sepakbola. Yang pasti, akan terasa sangat menyenangkan apabila 'Garuda Muda' kita bisa menyandingkan juara umum SEA Games XXVI ini dengan emas sepakbola.

Terbanglah 'Garuda Muda', rakyat Indonesia mendukungmu!

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2011 Edwin's Blog. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator