Pages

Sabtu, 25 Februari 2012

Review: Dramatis, El Real Tertahan Di Rusia


Real Madrid bertandang ke markas CSKA Moscow di leg pertama babak 16 besar sebagai satu-satunya tim di Liga Champions musim ini yang mencatatkan rekor 100 persen kemenangan selama fase grup. El Real memimpin satu gol sejak babak pertama, tapi berhasil disamakan oleh CSKA di detik-detik terakhir. Pertandingan ini berkesudahan 1-1 dengan cara yang sangat dramatis!


Bermain di lapangan sintetis dengan terjangan suhu dingin kota Moskow dan tanpa diperkuat sang spesialis sayap Angel Di Maria ternyata cukup menyulitkan pasukan Jose Mourinho.

CSKA Moscow, yang lolos ke babak ini berkat kemenangan dramatis 2-1 atas tuan rumah Inter Milan di fase grup, menerapkan formasi 4-2-3-1 dengan Chepchugov, Berezutskiy, Berezutskiy, Ignashevitch, Schennikov, Aldonin, Wernbloom, Tosic, Dzagoev, Musa dan Doumbia sebagai starter.

Mourinho juga memakai formasi 4-2-3-1 untuk Real Madrid dengan menurunkan Casillas, Arbeloa, Ramos, Pepe, Coentrao, Xabi Alonso,Khedira, Callejon, Ozil, Ronaldo dan Benzema dari menit awal.

CSKA mendapatkan bola pertama. Di bawah dukungan penuh para suporternya, raksasa Rusia ini berusaha mengambil inisiatif serangan. Peluang pertama mereka, sekaligus peluang pertama di laga ini, tercipta pada menit ke-7. Schennikov menghindari penjagaan bek Madrid dan melepaskan umpan silang, tapi tendangan akrobatik Dzagoev masih melebar ke sini kanan gawang yang dijaga Iker Casillas.

Madrid mengawali 10 menit babak pertama dengan tempo sedang sambil mencoba menemukan bentuk permainannya.

Baru 15 menit pertandingan berjalan, Madrid sudah harus melakukan pergantian pemain. Karim Benzema mengalami masalah dengan pahanya dan digantikan oleh Gonzalo Higuain.

Hanya semenit di atas lapangan, Higuain langsung menunjukkan kontribusinya. Dia melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti, tapi masih bisa ditepis oleh Chepchugov. Bola muntah lalu diterjang oleh Khedira, tapi Chepchugov mampu menghalaunya ke atas gawang. Double save yang brilian dari kiper CSKA!

Pada menit ke-28, kedudukan berubah. Umpan silang dari sektor kiri yang tidak bisa diamankan oleh barisan pertahanan CSKA menyebabkan bola jatuh ke kaki Cristiano Ronaldo yang tak terkawal di sisi kanan kotak penalti. Tendangan half-volley nomor punggung 7 Madrid tersebut meluncur rendah dengan deras ke sudut kanan gawang CSKA. 1-0 untuk Madrid.

CSKA berusaha membalas, tapi serangan demi serangan mereka kandas membentur dinding pertahanan yang diciptakan oleh Pepe dan Ramos di depan gawang Casillas.

Skor 1-0 untuk Madrid bertahan hingga jeda.

CSKA mendominasi di menit-menit awal babak kedua dan melancarkan sejumlah tekanan demi mencari gol penyama kedudukan, tapi Madrid bertahan dengan baik serta berhasil mengembalikan arus permainan dengan keunggulan lini tengahnya.

Selama 20 menit babak kedua berjalan, tercipta dua peluang untuk Madrid lewat sepakan Callejon serta Ronaldo dan satu untuk CSKA lewat tendangan jarak jauh Ahmed Musa, tapi tidak ada yang berhasil mengubah kedudukan.

Menit ke-75, Mourinho memasukkan Kaka menggantikan posisi Callejon untuk menambah daya dobrak Madrid.

Semenit berselang, Madrid mendapatkan dua peluang gol, tapi gagal memanfaatkannya dengan baik. Sundulan Ramos dari sepak pojok Ozil masih mengarah tepat ke pelukan kiper CSKA, sedangkan tendangan chip Ronaldo setelah lolos dari jebakan offside juga masih bisa ditepis dan dimentahkan.

Ketika pertandingan menyisakan 10 menit waktu normal, kedua kubu menggenjot tempo permainannya. Madrid menguasai pertarungan di lapangan tengah dan membuat CSKA kesulitan mengembangkan permainan. Kalah di tengah, tuan rumah pun mencoba menyerang lewat kedua sayap dan bola-bola panjang langsung ke daerah pertahanan Madrid.

Tiga menit perpanjangan waktu diberikan oleh wasit.

Di menit pemungkas, CSKA menciptakan petaka bagi Madrid. Tendangan bebas ke tiang jauh Casillas disundul ke belakang ke arah Pontus Wernbloom yang lalu sukses menceploskan bola dengan terjangan kaki kanan dari jarak dekat. 1-1, CSKA berhasil menyamakan kedudukan. Setelah gol itu, pertandingan berakhir. Dramatis!

Kedua tim masih sama-sama berpeluang untuk lolos ke perempat final. Semuanya akan dipastikan setelah peluit panjang leg kedua yang digelar 14 Maret mendatang dibunyikan.

Sampai bertemu lagi di Santiago Bernabeu.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2011 Edwin's Blog. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates WP by Wpthemescreator